Home » Blog » FIFA game sepakbola yang sebentar lagi akan pensiun

FIFA game sepakbola yang sebentar lagi akan pensiun

Halo teman mabar siapa disini yang tak kenal game sepakbola legendaris FIFA?
Game sepakbola besutan developer game EA Sports ini memiliki banyak penggemarnya tersendiri karena mampu menampilkan pengalaman bermain sepakbola dengan visualisasi yang baik dan gameplay yang menarik. 

FIFA 2022
Tangkapan layar pada steam PC game FIFA 2022

Game yang menggunakan nama organisasi federasi sepakbola dunia ini awalnya tersedia hanya di game console. Namun seiring berjalannya waktu game ini membuat versi mobile nya agar para penggemar game tersebut dapat memainkan game ini dimanapun mereka berada dengan mudah.

Kabar mengejutkan datang di tahun 2022 terkait game sepakbola legendaris ini. Tepatnya pada pertengahan Mei 2022 EA Sports selaku developer game memutuskan untuk mengakhiri kerjasamanya dengan gim ini.

Hal ini karena negosiasi antara kedua pihak menemui jalan buntu, pihak FIFA dan EA Sports tidak mencapai kesepakatan untuk memperpanjang kerjasama mereka yang sebelumnya mereka jalin selama kurang lebih 3 dekade sejak game FIFA  edisi pertama rilis pada tahun 1993.

EA Sports sebagai developer game telah menyiapkan nama baru untuk game sepakbola mereka pengganti nama FIFA. Mereka memilih nama EA Sports FC sebagai nama baru.

Para penggemar masih bisa menikmati game ini selama satu musim terakhir di tahun 2023. Sebelum berubah menjadi EA Sports FC pada musim panas tahun 2023 setelah Piala Dunia Wanita musim panas tahun 2023.

Berikut sejarah game FIFA dari masa ke masa

FIFA 2022 stadium
Tangkapan layar pada steam PC game FIFA 2022

FIFA International Soccer

Pertama kali dirilis pada tanggal 15 Juli 1993. FIFA Soccer merupakan permainan game sepakbola pertama yang mendapatkan lisensi langsung dari federasi sepakbola dunia. Game seri pertama ini dapat dimainkan pada console Sega Mega Drive/Genesis.

FIFA 1995-1996

Pada edisi sebelumnya game ini masih menggunakan nama karakter pemainnya dengan nama buatan EA Sports dan belum menggunakan nama pemain asli di setiap klubnya. Terobosan ini baru dilakukan setelah merilis seri setelah versi International Soccer tahun 1993.

Bekerjasama dengan asosiasi pemain sepakbola Internasional gim ini menggandeng FIFPro agar mendapatkan lisensi menggunakan nama pemain asli di setiap klub sepakbola yang ada pada gim.

FIFA diawal Dekade Tahun 2000

Bersaing sengit dengan Konami, EA Sports sempat merasakan naik-turunnya penjualan gim ini. Konami dengan gim Pro Evolution Soccer membuat gim sepakbola dengan gameplay yang mudah dimainkan bagi orang-orang awam dibanding gim ini.

Hal itu membuat sulitnya gim ini untuk berkembang dalam meraih penggemar-penggemar baru yang terlanjur sudah menjadi penggemar PES buatan Konami tersebut.

Walaupun begitu di seri FIFA 2008 EA Sports melakukan banyak perubahan pada visualisasi dan realitas dalam memainkan gim sepakbola seperti aslinya. Hal itu membuat gim ini tersebut dapat mengalahkan penjualan gim PES di tahun yang sama yang terjual hanya setengahnya dari keseluruhan gim FIFA dari berbagai console.

FIFA 2010-2022

Fitur-fitur visualisasi yang setiap tahun ditambahkan gim ini membuat apik pengalaman bermain sepakbola seperti aslinya. Satu-satunya gim sepakbola yang menampilkan Woman World Cup pada salah satu fiturnya. Selain itu teman mabar juga bisa merasakan custom game Futsal di rilisan terbaru yang tersedia di berbagai console ini.

Game ini menawarkan fitur main Bareng (mabar) dengan tim atau squad kalian untuk mencapai tingkatan tertinggi butuh koneksi yang stabil jika kalian ingin merasakan bermain dengan para pemain dari seluruh penjuru dunia.

Ataupun bermain offline dengan menggunakan dua gamepad pada gim console kalian. Ayomabar gim ini untuk melihat seberapa hebat teman mabar Menyusun strategi dan memainkan pemain andalan kalian.

FIFA 2023

FIFA 2023
tangkapan layar https://store.epicgames.com/en-US/p/fifa-23–ultimate-edition

Di lansir oleh Steam FIFA 2023 sudah memiliki tanggal resmi perilisan tepatnya pada tanggal 1 Oktober 2022. Teman Mabar bisa melakukan pre order game ini dengan harga Rp. 935.100 untuk versi FIFA Ultimate Team (FUT) yang berisi 4.600 point, early acces pada tanggal 27 September 2022 serta tambahan-tambahan menarik lainnya.

Sedangkan untuk versi standard edition teman mabar hanya akan mendapatkan pemain pinjaman yang bisa teman mabar gunakan pada mode FUT. Harga game FIFA versi standar edition sebesar Rp. 759.000 lebih murah dari versi FUT.

Pada seri ini juga tersedia mode world cup menggunakan berbagai macam negara. Serta fitur tambahan yang tersedia yaitu world cup versi wanita. Digadang-gadang merupakan game penutup sepakbola menggunakan nama FIFA.

FIFA Mobile

Dirilis pertama kali pada tahun 2016 gim versi mobile ini tidak kalah menariknya dengan versi console karena sama-sama memiliki visualisasi seperti nyata. FIFA Mobile ini dapat teman mabar mainkan secara offline maupun online.

Gim ini tersedia untuk platform android maupun iOS. Sampai dengan saat ini game ini masih rutin melakukan pembaharuan untuk terus mengembangkan sensasi memainkan gim sepakbola secara mobile.

Itu tadi perkembangan gim sepakbola kelas dunia dari masa ke masa sampai akhirnya harus mengganti nama menjadi EA Sports FC. Bagaimana, setelah membaca artikel ini apakah teman mabar tertarik untuk mendownload dan merasakan sensasi memainkan gim ini sebelum berganti nama?

Syamsu Amri

Satu komentar di “FIFA game sepakbola yang sebentar lagi akan pensiun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas