Home » Blog » MDL Season 6 sudah di mulai, ini yang wajib kalian tau

MDL Season 6 sudah di mulai, ini yang wajib kalian tau

Mobile Legends Development League (MDL) adalah kompetisi Esports game Mobile Legends kasta kedua di tingkat nasional. Kompetisi yang diikuti oleh tim-tim profesional dari berbagai daerah ini siap untuk menunjukan keahlian mereka dalam bermain Mobile Legends.

Sampai tahun 2022 kompetisi MDL sudah memasuki musim ke-6. Berikut adalah informasi yang harus teman mabar ketahui tentang MDL season 6 mengenai tim yang bertanding dan para pemain serta para juara MDL di musim-musim sebelumnya.

Bergabungnya tim OPI Esports dan CO2Z Esports

CO2Z OPI Esports
tangkapan layar instagram Mobile Legends Development League Indonesia

Tim Opi Esports yang sebelumnya gagal pada fase play-in MDL Season 6 memutuskan untuk bergabung dengan CO2Z Esports pada kompetisi MDL Season 6. Kedua tim tersebut sepakat menggunakan nama CO2Z OPI Esports pada kompetisi ini.

Berhasil mencapai babak playoff di MDL Season 5 CO2Z Esports memutuskan untuk merombak pemainnya setelah bergabung dengan OPI Esports. Di lansir pada halaman sosial media CO2Z Esports berikut adalah susunan para pemain dan pelatih yang akan bertanding pada MDL Season 6.

EVL sebagai Jungler, IQIINO sebagai Jungler, LANA sebagai Roamer, FEL sebagai Mid Laner, ONMYWAY sebagai Roamer, POIZY sebagai Exp Laner, REYY sebagai Gold Laner dan RIRV sebagai Coach.

Comeback Branz dengan tim barunya

Branz mobile legends
tangkapan layar instagram Mobile Legends Development League Indonesia

Jabran Bagus Wiloko atau pengguna nickname Branz pada game Mobile Legends akhirnya comeback. Sempat mengalami vakum pada pertengahan tahun 2021. Kini Branz secara resmi bergabung dengan tim barunya yaitu Evos Icon.

Mantan pemain Bigetron Alpha ini sebelumnya adalah pemain andalan yang mengisi posisi Jungler pada tim Bigetron sejak tahun 2019. Berbagai macam prestasi sudah pernah ia peroleh. Penghargaan individu yang pernah ia capai adalah menjadi pemain yang membunuh lawan terbanyak pada kompetisi MPL Season 7 dengan perolehan kill sebanyak 238 kill.

Saat ini bersama Evos icon Branz harus menggeser posisinya yang sebelumnya menjadi Jungler dan sekarang menjadi Gold Laner. Kita nantikan saja apakah Branz mampu kembali bermain pada kompetisi MPL tahun-tahun selanjutnya.

Daftar tim yang menjuarai kompetisi MDL

Juara MDL Season 1

Victim Esports MDL
tangkapan layar instagram Mobile Legends Development League Indonesia

Pertama kali di selenggarakan pada awal tahun 2020 kompetisi MDL Indonesia memiliki total hadiah sebesar Rp. 200.000.000. Diikuti oleh 12 tim profesional yang merupakan tim franchise dari tim Esports yang berlaga di MPL maupun tim pro yang bukan merupakan tim franchise.

Adapun tim yang berpartisipas pada kompetisi musim pertama ini adalah Alter Ego X, Aura Esports, Bigetron Bravo, Evos Icon, Geek Fam ID Jr, Aerowolf Jr, Onic Prodigy, RRQ Sena, Siren Clan, Victim Esports, Recca Esports dan XCN Kings.

Kompetisi MDL Season pertama ini di menangkan oleh tim Victim Esports setelah mengalahkan pemuncak klasemen pada regular season yaitu Recca Esports. Anak-anak Victim Esports berhasil mengalahkannya dengan skor 3-2 dan berhak membawa hadiah sebesar Rp. 75.000.000.

Baca juga: 4 Pemain luar negeri yang bermain di kompetisi MPL Indonesia

Juara MDL Season 2

Siren Clan
tangkapan layar instagram Mobile Legends Development League Indonesia

Berbeda dari musim sebelumnya pada kompetisi MDL musim kedua tim yang berlaga di kompetisi ini hanya berjumlah 11 tim. Recca Esports selaku runner-up pada musim pertama tidak mengikuti kompetisi di musim kedua ini.

Sayangnya pada MDL Season 2 anak-anak Victim Esports tidak bisa mempertahankan gelar juaranya. Mereka harus berlapang dada karena kalah oleh Onic Prodigy di partai awal babak playoff. Hal tersebut membuat munculnya wajah baru sang juara di kompetisi musim kedua ini.

Secara mengejutkan tim yang berhasil menjuarai kompetisi MDL Season 2 adalah tim Esports Siren Clan. Mereka berhasil melumat habis perlawanan anak-anak RRQ Sena pada partai final MDL musim kedua. Kemenangan mereka diraih dengan skor 3-1.

Juara MDL Season 3

Siren Esports
tangkapan layar instagram Mobile Legends Development League Indonesia

Perbedaan kembali terjadi di kompetisi MDL Season 3. Sebelumnya kompetisi ini hanya diikuti oleh paling banyak total 12 tim Esports. Pada musim ketiga ini terdapat 14 tim Esports yang berpartisipasi pada ajang kompetisi tersebut.

Adapun tim-tim yang mengikuti kompetisi MDL Season 3 adalah Kings Esports, Dewa United Esports, Red Bull Rebellion, XCN West Bandits, Victim Esports, Siren Esports, RRQ Sena, Onic Prodigy, Aerowolf Jr, Geek Fam ID Jr, Evos Icon, Bigetron Bravo, Aura Esports dan Alter Ego X.

Kali ini tim Siren Esports yang sebelumnya bernama Siren Clan berhasil mempertahankan gelar juaranya. Mereka secara konsisten berada di peringkat satu pada regular season ketiga ini. Bukan hanya itu di partai final mereka berhasil membantai mantan juara MDL Season 1 yaitu Victim Esports dengan kemenangan 3-0 tanpa balas.

Juara MDL Season 4

MDL Alter Ego X
tangkapan layar instagram Mobile Legends Development League Indonesia

Pada kompetisi MDL Season 4 munculah juara baru. Siren Esports yang berganti nama menjadi tim Geng Kapak harus puas terleminasi pada babak regular season. Mereka hanya mampu menempati posisi ke-12 di klasemen.

Tim-tim franchise Esports yang memiliki divisi MPL baru mengeluarkan taringnya pada MDL Season ke empat. Terutama tim Alter Ego X dan tim Evos Icon. Mereka sama-sama menempati posisi teratas di putaran regular season ke-empat.

Pada babak playoff mereka sama-sama berhasil mengalahkan tim-tim franchise lainnya yaitu Aura Fire Esports dan Bigetron Beta. Konsistensi permainan yang di tunjukan oleh tim Alter Ego X terbayar tuntas karena bisa memenangkan kompetisi MDL Season 4.

Mereka berhasil mengalahkan tim Evos Icon di partai puncak dengan skor 3-1. Dengan kemenangan tersebut anak-anak Alter Ego X berhak membawa pulang hadiah sebesar Rp. 75.000.000,-.

Baca juga: Susunan pemain Mobile Legends tim pro Indonesia di MPL S-10

Juara MDL Season 5

juara MDL season 5
tangkapan layar instagram Mobile Legends Development League Indonesia

Hal mengejutkan terjadi pada MDL Season 5 yaitu Victim Esports mengumumkan untuk keluar dari kompetisi serta membubarkan divisi Mobile Legends mereka. Bahkan mantan juara MDL Season 1 itu secara resmi membubarkan seluruh divisi Esports.

Akan tetapi kompetisi ini tetap berjalan dengan seru. Beberapa roster MPL dan MDL saling bertukar posisi dan bongkar pasang para roster (pemain) di setiap tim terjadi sangat intens di kompetisi MDL Season kelima ini.

Alter Ego X yang memiliki tekad dan keyakinan untuk mempertahankan gelar juaranya harus tumbang oleh anak-anak dari tim Evos Icon. Pertandingan ulangan final MDL Season 4 kembali terulang pada Season yang kelima.

Kali ini tim Evos Icon dapat mengalahkan tim Alter Ego X dengan skor 3-1 seperti hasil final pada kompetisi MDL Season 4. Sama seperti kompetisi MDL sebelumnya anak-anak Evos Icon berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 75.000.000,-.

Apakah pada kompetisi MDL season 6 anak-anak Evos Icon dapat mempertahankan juaranya? Kita nantikan saja bersama kompetisi ini yang bisa disaksikan secara langsung melalui channel youtube resmi Mobile Legends Bang Bang.

Terimakasih telah membaca artikel ini   

Syamsu Amri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas