Home » Blog » Mobile Legends Game MOBA yang banyak digandrungi anak muda

Mobile Legends Game MOBA yang banyak digandrungi anak muda

Siapa disini yang masih belum mengenal gim Mobile legends (ML)? Salah satu gim Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) versi mobile yang memgusung pertarungan online 5 vs 5 pada sebuah arena pertandingan.

banner game ML
tangkapan layar di game

Teman mabar bisa mengunduh game Mobile Legends melalui Google Playstore untuk versi Android dan App Store untuk versi iOS. Sampai dengan artikel ini dibuat (06/2022) gim ini sudah di unduh oleh lebih dari 500 juta pengguna Playstore dan mendapatkan review positif diangka 4.0/5 dari lebih 31 juta pengguna yang telah memainkan game Mobile Legends.

Developer game

Shanghai Moonton Technology Co.Ltd. Merupakan pengembang dan penerbit game Mobile Legends : Bang Bang asal Shanghai, Tiongkok. Sebelum bernama Moonton perusahaan pengembang game ini bernama YoungJoy Technology Pte.Ltd yang didirikan sejak bulan April 2014.

Moonton
tangkapan layar website moonton

Setelah 5 bulan beoperasi, perusahaan tersebut akhirnya merilis versi pertama game Mobile Legends pada 24 September di Google Playstore. Saat ini Moonton resmi dimiliki oleh ByteDance perusahaan tekonologi internet asal Tiongkok setelah mengakuisisi Moonton pada 22 Maret 2021 dengan harga $ 4 Milyar US dollar.

Gameplay Mobile Legends

Membawa inovasi dengan menciptakan game MOBA pada versi mobile, game buatan moonton ini tidak kalah serunya dengan permainan Dota 2 yang ada di PC. Control yang ditawarkan pada game ini juga sangat mudah, dtambah dengan tutorial – tutorial yang diberikan bagi kalian yang baru pertama kali memainkan game ini.

Fitur – fitur dan karakter animasi serta grafis yang ditawarkan cukup mempesona. Salah satunya fitur Boss Monster (Lord) yang ada di arena pertandingan. Lord akan muncul di arena pertandingan untuk pertama kalinya pada menit ke-10 yang merupakan evolusi dari boss Monster Turttle (kura-kura).

Lord memiliki HP (Health Point) dan damage yang cukup besar. Teman mabar harus melawannya bersama dengan rekan setim kalian. Apabila kalian berhasil mengalahkan Lord, teman mabar akan mendapatkan berbagai keuntungan.

gameplay
tangkapan layar gim Mobile Legends

Pertama minion di setiap lane kalian akan berubah menjadi mega minion untuk satu kali wave dan kedua, Lord akan muncul di base teman mabar untuk menyerang base musuh lewat salah satu lane musuh yang terlemah dari ketiga lane yang ada.

Sistem Peringkat di Mobile Legends

Pada game ini terdapat tingkatan level divisi yang sedemikian dibuat agar petandingan di setiap permainan berlangsung secara adil tidak berat sebelah. Adapun tingkatan divisinya yaitu: Warrior, Elite, Master, Grandmaster, Epic, Legend, Mythic dan Mythical Glory.

Masing – masing level divisi mempunyai tingkatan permainan tersendiri, mulai dari yang termudah yaitu warrior sampai dengan yang tersulit yaitu mythical glory. Akan lebih mudah mencapai tingkatan divisi yang tinggi jika teman mabar bermain bersama dengan teman kalian karena sudah mengetahui karakteristik permainan masing-masing.

Tingkatan divisi yang ada di Mobile Legends akan dilakukan riset per 3 bulan sekali. Teman mabar akan secara otomatis turun satu peringkat divisi setelah melewati setiap season. Diakhir periode kalian biasanya akan mendapatkan hadiah sesuai dengan tingkat level divisi. Semakin tinggi level divisi teman mabar semakin banyak hadiah yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah Skin.

Selain itu terdapat custom game yang menarik yang bisa teman mabar coba seperti mode brawl dan Magic Chess.

Herohero di Mobile Legends

Hero-hero
tangkapan layar gim Mobile Legends

Karakter atau Hero yang bisa teman mabar gunakan di game Mobile Legends dibagi ke beberapa kategori seperti Hero Fighter, Mage, Assasins, Support, Tank dan Marksman. Setiap Hero bisa memiliki lebih dari satu kategori dengan keahlian berupa physical damage, magic damage ataupun hybrid damage.

Baca juga : Tutorial Menggunakan Hero Julian di Mobile Legends agar Over Power

Sampai dengan artikel ini dibuat (06/2022) total ada 116 Hero yang bisa teman mabar gunakan. Masing-masing hero memiliki kelebihan dan kelemahannya tersendiri, untuk itu kalian harus bisa memaksimalkan skill-skill yang dimiliki Hero tersebut untuk memenangkan pertandingan.

Kompetisi Resmi

Tahun ke tahun sudah dilewati game Mobile ini dengan terus mengembangkan berbagai pembaharuan. Selain itu antusiasme yang tinggi dari para pengguna membuat game ini membuat sebuah wadah kompetisi resmi mulai dari tingkat Nasional sampai dengan tingkat Internasional.

kompetisi resmi ML
indomobilegend.wordpress.com

Beberapa kompetisi resmi Mobile Legends yaitu:

Mobile Legends Development League (MDL)

MDL merupakan kompetisi resmi yang diselenggarakan oleh Moonton bagi para pemain atau user yang memiliki kemampuan hebat. Sebagai kompetisi resmi divisi dua yang diadakan secara nasional dan menampilkan tim – tim Esports rintisan serta tim Esports yang memiliki dua divisi seperti tim RRQ yang terdiri dari tim RRQ Hoshi dan RRQ Sena.

Suatu wadah untuk melihat para pemain berkembang menjadi pro player dan mengembangkan tim Esports agar bisa naik ke kompetisi resmi di atas kompetisi MDL. Sampai dengan saat ini kompetisi resmi ini sudah berhasil dilaksanakan sampai dengan musim ke-5 dengan total tim yang berpartisipasi sebanyak 16 tim dari berbagai daerah di Indonesia.

Mobile Legends Profesional League (MPL)

MPL merupakan kompetisi resmi teratas nasional. Tim – tim Esports yang mengikuti ajang tersebut berisi para pro player kelas atas yang merupakan leaderboard game Mobile Legends secara nasional. Diikuti oleh 8 tim Esports dari berbagai daerah, saat ini seri MPL sudah memasuki season yang ke-10.

Kesuksesan kompetisi ini dikarenakan kepiawaian para pro player menggunakan Hero di Mobile Legends serta strategi – strategi yang digunakan untuk mengalahkan lawannya, dan membuat inspirasi para pemain non profesional untuk meniru nya.

Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC)

MSC merupakan kompetisi resmi yang diselenggarakan oleh Moonton secara Internasional. Pada kompetisi ini tim – tim Esports harus menjadi juara atau runner-up pada kompetisi MPL untuk mendapatkan tiket berlaga di kompetisi MSC. Lebih dari 4 Negara di Asia Tenggara yang mengikuti kompetisi MSC ini.

Mobile Legends International Championship (M-Series)

M-Series merupakan kompetisi resmi asli Moonton yang dibuat untuk mempertemukan tim – tim Esports terbaik se dunia. Sama halnya dengan kompetisi MSC untuk mendapatkan jatah mengikuti M-Series tim – tim Esports harus menjadi juara atau runner-up di ajang kompetisi nasional MPL.

Spesifikasi Perangkat

Teman mabar membutuhkan perangkat ponsel dengan spesifikasi di bawah ini untuk memainkan game Mobile Legends dengan lancar.

Spesifikasi Perangkat Android

  • Sistem operasi perangkat (O.S) Android 4.1 atau di atasnya
  • Ukuran memori RAM sebesar 4 GB atau lebih besar
  • Ukuran unduhan sebesar 198 MB
  • Memori penyimpanan yang dibutuhkan 5.93 GB
  • versi game 1.6.97.7594

Spesifikasi Perangkat iOS

  • Sistem operasi perangkat (O.S) iOS 10.0 atau versi lebih baru
  • ukuran unduhan 380.5 MB
  • versi game 1.6.95.759.2

Bagaimana, jika kalian penggemar game MOBA dan permainan no pay to win game Mobile Legends ini cocok untuk mengisi waktu luang mu, karena waktu in-game yang relatif sebentar hanya 10-20 menit di setiap pertandingannya.

Terimakasih telah membaca artikel ini, kritik dan saran bisa langsung komen di bawah ini

Syamsu Amri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas