Home » Blog » 5 tim Esports yang sering jadi juara di kompetisi Dota 2

5 tim Esports yang sering jadi juara di kompetisi Dota 2

Tim Esports merupakan wadah bagi para pemain-pemain hebat untuk mengikuti berbagai ajang kompetisi pada sebuah pertandingan game yang diadakan. Tim Esports akan melakukan seleksi yang ketat kepada pemain-pemain yang ingin bergabung dengan tim mereka.

5 tim Esports yang sering jadi juara di kompetisi Dota 2
ayomabar.id

Biasanya jika teman mabar ingin bergabung ke suatu tim Esports maka harus melalui trial terlebih dahulu. Guna melihat seberapa hebat kalian dalam memainkan game tersebut dan seberapa cocok kalian dengan anggota tim yang sudah ada.

Masing-masing tim Esports selalu berlomba untuk mendapatkan pemain yang hebat dan cocok dengan kondisi tim yang ada. Sehingga tim Esports tersebut menjadi kuat dan mampu menjuarai setiap kompetisi Esports yang ada baik tingkat nasional maupun internasional.

Dalam game Dota 2 banyak sekali tim-tim Esports yang bersebaran di seluruh dunia. Akan tetapi seringkali yang memenangkan kompetisi Dota 2 tim yang itu-itu saja. Jarang sekali ada tim baru yang bisa memenangkan kompetisi Dota 2 secara terus menurus. Pun jika ada biasanya di tahun-tahun berikutnya tim mereka akan mengalami puasa gelar bertahun-tahun atau malah menghilang.

Namun ada juga tim Esports yang mampu bertahan bahkan mempertahankan juara dunia pada kompetisi Dota 2. Berikut adalah daftar tim Esports yang memiliki prestasi pada berbagai ajang kompetisi yang di selenggarakan baik kompetisi Dota 2 tier 1 sampai dengan tier 3.

PSG.LGD

tim PSG.LGD dota 2
tangkapan layar instagram tim LGD

PSG. LGD merupakan tim asal Tiongkok yang berafiliasi dengan tim sepak bola asal Prancis yaitu Paris Saint-German. Sebelumnya tim ini bernama LGD Gaming pada pertama kali dibentuk tahun 2009. Baru di tahun 2019 mereka menambahkan nama PSG di depan kata LGD.

PSG.LGD merupakan tim asal Tiongkok yang memiliki berbagai macam prestasi di pagelaran kompetisi Dota 2. Mereka sering kali masuk ke dalam 5 besar pada kompetisi TI Dota 2. Walaupun sampai saat ini masih belum beruntung karena belum bisa menjuarai ajang tersebut.

Meski demikian pada tahun 2022 saja mereka sudah lebih dari 3x menjadi juara di berbagai kompetisi baik itu tier 1 maupun tier 2. Adapun yang telah mereka menangi yaitu juara Riyadh Master 2022 kompetisi tier 1, juara DPC CN 2021/2022 Tour 2:Regional Final, DPC CN 2021/2022 Tour 2: Division 1, juara DPC CN 2021/2022 Tour 1:Regional Final dan DPC CN 2021/2022 Tour 1: Division 1    

Roster tim PSG.LGD tahun 2022

  • Ame sebagai Carry
  • NothingToSay sebagai Mid Laner
  • Faith_bian sebagai Offlaner
  • XinQ sebagai Support
  • y’ sebagai Support

Baca juga: Daftar tim pemenang kompetisi TI Dota 2 dari tahun ke tahun

Team OG

team OG dota 2
tangkapan layar website tim OG

OG merupakan tim Esports Dota 2 asal Eropa. Didirikan pada tahun 2015 sampai dengan saat ini tim yang terdiri dari pemain berbagai negara telah banyak memenangkan kompetisi Dota 2 tier 1. Tim Esports ini memiliki banyak sejarah dalam perjalanannya di kompetisi Dota 2.

Tim Esports OG adalah tim yang memenangkan kompetisi The International (TI) Dota 2 sebanyak 2x secara beruntun pada tahun 2018 dan 2019. Satu-satunya tim sampai saat ini yang pernah menjuarai kompetisi TI sebanyak 2x.

Saat ini di pertengahan tahun 2022 mereka sudah menjuarai kompetisi tier 1 seperti ESL One Stockholm dan ESL One Malaysia serta kompetisi tier 2 yaitu DPC WEU 2021/2022 Tour 2 Division: I. Berikut adalah pemain aktif tim OG tahun 2022.

Roster tim OG tahun 2022

  • Yuragi sebagai Carry
  • bzm sebagai Mid Laner
  • ATF sebagai Offlaner
  • Taiga sebagai Support
  • Misha sebagai Support

Team Liquid

team liquid dota 2
tangkapan layar website team liquid

Team Liquid tim Esports asal Eropa yang didirikan di Belanda pada tahun 2012 untuk divisi Dota 2. Tim Esports Dota 2 yang sangat di takuti pada zaman 2017-2019. Pada saat itu mereka mampu memenangkan hampir seluruh kompetisi yang mereka ikuti di tahun 2017.

Tim Esports Liquid juga pernah menjuarai kompetisi TI pada tahun 2017. Serta menjadi runner-up pada tahun 2019. Sayangnya memasuki tahun 2020 prestasi Team Liquid mengalami penurunan disebabkan para pemain yang hengkang dari tim.

Terhitung dari tahun 2020 mereka hanya mampu menjuarai kompetisi tier 1 sebanyak satu kali yaitu di tahun 2020 pada kompetisi ESL One Germany 2020. Pada tahun 2022 tim Liquid hanya keluar menjadi juara pada kompetisi tier 2 yaitu DPC WEU 2021/2022 Tour 1 Division: I.

Roster Team Liquid

  • MATUMBAMAN sebagai Carry
  • miCKe sebagai Mid Laner
  • zai sebagai Offlaner
  • Boxi sebagai Support
  • iNSaNiA sebagai Support

Team Spirit

Team Spirit Dota 2
tangkapan layar instagram team spirit

Tim Esports Spirit adalah tim yang berasal dari negara Rusia. Sudah mengikuti berbagai ajang kompetisi Dota 2 sejak tahun 2015. Walaupun memiliki track record kejuaraan yang kurang baik pada tahun 2015-2020. Tim Spirit mampu membuat publik terkejut.

Siapa sangka tim yang tidak diunggulkan pada kompetisi TI yang ke sepuluh pada tahun 2021 dapat di menangkan oleh Team Spirit. Mereka mampu mengalahkan tim unggulan yaitu PSG.LGD pada grand final untuk mengamankan posisi nomer satu.

Setelah itu pertarungan antara Team Spirit dan PSG.LGD menjadi pertarungan yang sengit. Di tahun 2022 Team Spirit kembali menghadapi PSG.LGD di partai puncak Riyadh Master 2022 dan harus tumbang dengan skor 2-0. Akan tetapi mereka bertemu kembali di kompetisi PGL Arlington Major 2022 dan Team Spirit mampu menang atas PSG.LGD dengan skor 3-1.

Roster Team Spirit

  • Yatoro sebagai Carry
  • TORONTOTOKYO sebagai Mid Laner
  • Collapse sebagai Offlaner
  • Mira sebagai Support
  • Miposhka sebagai Support

Baca juga: BOOM Esports tim Indonesia pertama yang main di TI Dota 2

Team Secret

team secret dota 2
tangkapan layar instagram team secret

Team Secret tim Esports Dota 2 yang berasal dari Eropa. Dibentuk pada tahun 2014 tim ini memiliki banyak sekali prestasi. Selain itu tim ini juga langganan mengikuti kompetisi TI setiap tahunnya. Walaupun sampai tahun 2022 mereka belum pernah menjuarai kompetisi TI tersebut.

Banyak prestasi yang mereka dapatkan pada berbagai macam jenis kompetisi di tahun 2020. Mereka berhasil menjadi juara di kompetisi tier 1 yaitu DreamLeague Season 13 dan OMEGA League: Europe Immortal Division setelah mengalahkan tim OG di grand final dengan skor 3-0.

Hanya saja pada tahun selanjutnya yaitu 2021 hingga tahun 2022 permainan tim Secret belum konsisten. Hal tersebut membuat mereka jarang sekali keluar sebagai juara pada kompetisi yang mereka ikuti. Terakhir kali mereka juara yaitu pada tahun 2021 pada kompetisi tier 2.

Roster Team Spirit

  • Crystallis sebagai Carry
  • Nisha sebagai Mid Laner
  • Resolut1on sebagai Offlaner
  • Zayac sebagai Support
  • Puppey sebagai Support

Itulah rekap tim-tim profesional Dota 2 dari berbagai penjuru dunia yang memiliki prestasi yang cukup banyak. Bisa jadi setelah artikel ini dibuat tim-tim tersebut mampu menjadi juara di kompetisi yang berbeda. Kita nantikan saja sepak terjang mereka di kompetisi TI yang akan diselenggarakan pada Oktober 2022 nanti.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Syamsu Amri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas