Home » Blog » Daftar tim pemenang kompetisi TI Dota 2 dari tahun ke tahun

Daftar tim pemenang kompetisi TI Dota 2 dari tahun ke tahun

Kompetisi The International atau TI dalam game Dota 2 adalah kompetisi Esports pertama yang memberikan hadiah paling besar yaitu sebesar 1.6 juta dolar Amerika pada tahun 2011. Kompetisi The International diadakan satu tahun sekali yang diikuti oleh tim profesional seluruh dunia.

Masing-masing tim profesional mewakili regionalnya untuk berlaga di kompetisi Dota 2 paling bergengsi ini. Sudah lebih dari sepuluh tahun kompetisi TI diadakan sejak pertama kali diselenggarakan di kota Cologne, Jerman pada tahun 2011.

Pada tahun 2021 hadiah memenangkan kompetisi TI mencapai lebih dari 40 juta dollar Amerika. Persaingan yang sengit sudah pasti tersajikan di setiap laga pada kompetisi ini. Hanya sedikit tim yang mampu menjuarai kompetisi TI lebih dari satu kali.

Berikut adalah daftar tim pemenang kompetisi The International Dota 2 dari awal sampai dengan tahun 2021. Check it out!

Pemenang TI tahun 2011

navi juara ti pertama
tangkapan layar youtube

Diselenggarakan secara offline di Jerman kompetisi The International pertama di menangkan oleh tim Natus Vincere (NAVI) yang merupakan tim asal Ukraina. Navi Berhasil menjadi juara TI pertama setelah mengalahkan tim Ehome asal Tiongkok.

Setelah berhasil menjuarai TI pertama tim Navi mendapatkan hadiah sebesar 1 juta dolar Amerika pada kompetisi ini. Selain itu Valve selaku penyelenggara membuat film dokumenter tentang para pemain dari berbagai dunia yang ikut berpartisipasi pada ajang TI pertama dengan judul Free to play.

Pemenang TI tahun 2012

Tahun 2012 merupakan tahun kedua penyelenggaraan kompetisi TI Dota 2. Kompetisi TI kali ini di selenggarakan di Seattle, Amerika Serikat. Tim Navi selaku juara TI jilid pertama harus kalah oleh tim Invictus Gaming dan harus puas menempati posisi runner-up.

Invictus Gaming merupakan tim Dota 2 yang berasal dari Tiongkok yang berdiri sejak tahun 2011. Serupa dengan tim Navi, Invictus Gaming berhasil membawa pulang piala TI kedua beserta hadiah uang sebesar 1 juta dolar Amerika.

Pemenang TI tahun 2013

alliance juara ti ketiga
tangkapan layar youtube

Sama seperti TI yang kedua kompetisi TI yang ketiga berlangsung juga di Seattle, Amerika. Hanya saja tim Invictus Gaming tidak berhasil mempertahankan gelar juaranya. Mereka harus puas berada di posisi kelima pada kompetisi TI ketiga ini.

Begitupun tim Navi yang hanya berhasil mencapai posisi runner-up karena kalah melawan tim asal Swedia yaitu Alliance. Tim Alliance berhasil mengalahkan tim Navi dengan skor tipis 3-2. Beruntung bagi tim Alliance karena hadiah juara pertama bertambah menjadi sebesar $1.437.190 USD.

Pemenang TI tahun 2014

vici gaming juara ti keempat
tangkapan layar youtube

Masih di selenggarakan di Seattle, Amerika Serikat TI keempat ini kembali membuat kejutan. Tim-tim kuat yang mendominasi kompetisi TI sebelumnya harus puas hanya bisa mencapai posisi 5-8. Para mantan juara TI sebelumnya seakan-akan mulai kehilangan kekuatannya.

Hal tersebut terbukti melihat performa mereka yang kurang baik pada kompetisi TI yang keempat ini. Kesempatan ini diambil oleh tim-tim profesional lain dari berbagai negara. Salah satunya tim Newbee, tim asal Tiongkok ini berhasil bermain secara konsisten di babak playoff.

Mereka berhasil mengalahkan tim Vici Gaming yang merupakan tim unggulan pada kompetisi TI keempat pada babak upper bracket ronde kedua dan pada babak grand final. Oleh karena itu mereka berhasil membawa pulang piala TI dan hadiah uang sebesar $ 5.025.029 USD.

Baca juga: Pemain INDO ini pernah main di The International (TI) Dota 2

Pemenang TI tahun 2015

eg juara ti kelima
tangkapan layar youtube

TI kelima masih sama dengan kompetisi TI sebelumnya yang di selenggarakan di Seattle, Amerika Serikat. Mantan juara TI keempat Newbee harus puas hanya bisa bermain pada babak lower bracket dan harus kalah melawan tim MVP Phoenix.

Akhirnya tim tuan rumah yaitu tim Evil Geniuses berhasil membawa pulang piala TI kelima ini. Mereka mengalahkan tim asal Tiongkok yaitu CDEC. Padahal sebelumnya mereka sempat kalah pada partai final upper bracket oleh tim tersebut.

Hanya saja mereka mampu langsung bangkit pada final lower bracket dan melaju ke grand final melawan tim CDEC kembali. Sehingga berhasil menjadi juara dan berhasil membawa pulang hadiah sebesar $6.634.661 USD.

Pemenang TI tahun 2016

wings game juara ti keenam
tangkapan layar youtube

Masih diselenggarakan di Seattle, Amerika TI keenam ini melahirkan juara baru. Pada TI jilid enam ini tim yang berhasil menjuarai kompetisi tersebut adalah tim asal Tiongkok yaitu Wings Gaming. Bisa dibilang perjalanan tim tersebut sangat mulus karena mampu mengalahkan lawannya dengan skor telak.

Pada kompetisi TI keenam, Valve selaku penyelenggara kompetisi memberikan total hadiah tidak tanggung-tanggung yaitu sampai dengan $20.770.460 USD. Pemenang kompetisi TI kali ini akan mendapatkan uang sebesar $9.139.002 USD.

Pemenang TI tahun 2017

liquid juara ti ke tujuh
tangkapan layar youtube

Team Liquid berhasil menjuarai kompetisi TI ke tujuh yang masih diadakan di Seattle, Amerika. Mereka mampu memenangkan kompetisi tersebut dengan susah payah melalui jalur lower bracket pada babak playoff.

Tim Liquid mampu menyegel gelar TI ke tujuh setelah mengalahkan mantan juara TI yaitu Newbee pada babak grand final. Dengan begitu mereka memenangkan piala TI dan uang sebesar $10.862.683 USD.

Pemenang TI tahun 2018

og juara ti ke delapan
tangkapan layar youtube

Kompetisi TI tahun 2018 kembali digelar kali ini di selenggarakan di Vancouver, Kanada. Dengan total hadiah sebesar $25.532.177 USD kompetisi ini dilaksanakan pada 15-25 Agustus 2018. Mantan juara TI tahun 2017 tim Liquid hanya mampu menjadi juara keempat di kompetisi TI ke delapan ini.

Tim OG merupakan tim asal Eropa pertama yang mampu menjadi juara pada kompetisi TI Dota 2. Mereka berhasil mengalahkan tim PSG LGD tim asal Tiongkok di partai grand final. Tim OG berhak mendapatkan uang sebesar $11.234.158 USD sebagai hadiah juara pertama.

Baca juga: BOOM Esports tim Indonesia pertama yang main di TI Dota 2

Pemenang TI tahun 2019

og juara ti ke sembilan
tangkapan layar youtube

Setelah sebelumnya kompetisi TI diadakan di daerah Amerika dan Eropa pada tahun 2019 akhirnya TI diadakan di daerah Asia tepatnya di Tiongkok. Shanghai menjadi salah satu kota yang menjadi pilihan Valve untuk mengadakan kompetisi TI ke sembilan.

Tidak seperti sebelum-sebelumnya pada kompetisi TI yang diadakan di kawasan Asia ini dapat dimenangkan kembali oleh tim OG. Mereka berhasil kembali juara dan mempertahankan gelar juaranya pada kompetisi ini.

Mereka mampu keluar menjadi juara setelah mengalahkan mantan juara TI sebelumnya yaitu tim Liquid. Menggunakan roster (pemain) yang sama pada kompetisi TI sebelumnya tim OG mampu bermain kompak dan solid sehingga mampu keluar menjadi juara untuk kedua kalinya.

Pemenang TI tahun 2020

Dikarenakan wabah virus Covid-19 maka pihak penyelenggara yaitu Valve meniadakan kompetisi The International Dota 2 pada tahun 2020. Dan baru dilaksanakan kembali pada tahun selanjutnya yaitu tahun 2021.

Pemenang TI tahun 2021

tim spirit juara ti ke sepuluh
tangkapan layar youtube

Kembali diselenggarakan di Eropa tepatnya di Bucharest, Romania. Kompetisi The International tahun 2021 menyuguhkan banyak kejutan. Tim Spirit asal Rusia mampu keluar jadi juaranya. Setelah mereka bersusah payah pada babak playoff jalur lower bracket.

Mereka berhasil keluar menjadi juara TI ke sepuluh ini setelah mengalahkan tim-tim mantan juara TI sebelumnya. Tim yang mereka kalahkan seperti tim OG dan tim Invictus Gaming hebatnya mereka mengalahkan masing-masing tim tersebut dengan skor 2-0.

Perjalanan panjang tersebut akhirnya menjadi happy ending setelah mereka berhasil mengalahkan tim PSG.LGD pada partai grand final. Tim Spirit pun keluar menjadi juara dan mendapatkan hadiah uang sebesar $18.208.300.  

Kompetisi TI tahun 2022 baru akan diadakan pada bulan Oktober 2022 tepatnya di Singapura. Setelah sekian lama, akhirnya ada tim asal Indonesia yang akan berlaga pada kompetisi TI Dota 2. Semoga saja tim asal Indonesia tersebut bisa keluar menjadi pemenang.

Demikian ulasan dari Min Bar tentang daftar tim pemenang kompetisi TI Dota 2 dari awal sampai dengan tahun berjalan.

Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Syamsu Amri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kembali ke atas